Program LAZIS Mitra Ummat Madani dalam Pengembangan Usaha Masyarakat (Studi Kasus Peternakan Itik di Lolo KElurhan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang

Putri, Nelita (2024) Program LAZIS Mitra Ummat Madani dalam Pengembangan Usaha Masyarakat (Studi Kasus Peternakan Itik di Lolo KElurhan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Isi Nelita Putri)
Cover sampai Daftar Isi Nelita Putri.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Nelita Putri-1812040054-BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (Bab 3)
Nelita Putri-1812040054-BAB III.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (Bab 5)
Nelita Putri-1812040054-BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Full Text)
Nelita Putri-1812040054-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan pemberdayaan usaha ternak itik berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat Desa, namun seringkali masyarakat terkendala pada modal dan finansial untuk membuka usaha. Maka dari itu lembaga LAZIS Mitra Ummat Madani berinisiatif untuk mendirikan program peternakan itik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan usaha masyarakat yang dilakukan oleh LAZIS Mitra Ummat Madani, dan untuk mengetahui Dampak Program Pengembangan usaha terhadap Masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan data hasil temuan penelitian. Sumber data dari informan dalam penelitian ini 2 orang dari lembaga LAZIS Mitra Ummat Madani dan 3 orang dari anggota pengurus dan pengelola peternakan itik, dan 1 orang masyarakat dekat kandang yang berjualan telur itik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, mengakategorikanrikan data, verifikasi keabsahan data dan menafsirkan data. Hasil penelitian diketahui bahwa proses pengembangan usaha masyarakat yang dilakukan LAZIS Mitra Ummat Madani, yaitu dengan melakukan pendampingan, mendanai fasilitas sarana dan prasarana, membentuk kelompok komunitas mengembangkan usaha ternak itik, dan melakukan pengawasan. Dampak program pengembangan usaha terhadap masyarakat melalui peternakan itik terutama anggota kelompok pengurus dan pengelola dalam meningkatkan ekonomi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Disamping itu berdampak juga terhadap berjalannya program-program pemberdayaan masyarakat lainya yang didirikan oleh LAZIS Mitra Ummat Madani di Lolo seperti : Rumah tahfidz, rumah Ibu-ibu Tahsin dan literasi kampung baca Bukik Ase. dan mengembangkan potensi sumber daya manusia sebagai wirausaha dengan upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian masyarakat dalam menjalankan usaha serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah dikuasai sehingga dapat memperkuat produktivitas dan kreatifitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program, Pengembangan Usaha Masyarakat, Peternakan Itik
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Interaksi Sosial, Psikologi Sosial > Partisipasi Sosial
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Interaksi Sosial, Psikologi Sosial
U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 21 May 2024 07:18
Last Modified: 21 May 2024 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20988

Actions (login required)

View Item View Item