Rancangan Video Virtual Tour Museum Adityawarman : Strategi Promosi Melalui Media Digital

Shiva, Ridho Ibnu (2024) Rancangan Video Virtual Tour Museum Adityawarman : Strategi Promosi Melalui Media Digital. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Ridho Ibnu Shiva 2011050008 COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (BAB I)
Ridho Ibnu Shiva 2011050008 BAB I.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB III)
Ridho Ibnu Shiva 2011050008 BAB III.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text (BAB V- DAFPUS)
Ridho Ibnu Shiva 2011050008 BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI_FULLTEXT_RIDHOIBNU(2011050008).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Museum Adityawarman sebagai lembaga informasi perlu mempertahankan eksistensi sehingga meningkatkan minat kunjung melalui promosi. Penelitian ini bertujuan membuat rancangan video virtual tour Museum Adityawarman dalam upaya promosi melalui media digital secara valid, praktis dan efektif. Rancangan video ini memungkinkan pengunjung untuk berkunjung secara virtual sehingga meningkatkan pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thingking dengan melalui 5 tahapan yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototypy and Testing. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif berdasarkan hasil penilaian pengujian. Aspek penilaian terdiri dari validasi ahli media, materi dan uji coba lapangan. Aspek kevalidan diperoleh dari penilaian validasi ahli media yakni memperoleh nilai 88% lalu pada validasi ahli materi memperoleh 82% sehingga produk dikatakan valid. Pada aspek kepraktisan memperoleh nilai 100% pada uji coba kelompok kecil dan 97%. Lalu pada keefektifan diperoleh jawaban angket 92% dengan kesimpulan dapat menimbulkan minat kunjungan kembali. Berdasarkan proses dan tahapan yang dilalui maka produk video virtual tour Museum Adityawarman ini valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Museum Adityawarman, virtual tour, promosi lembaga informasi
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:37
Last Modified: 01 Apr 2024 01:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

View Item View Item