Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Sistim Pemberian Upah Pembuat Batu Asahan Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota

Arif, Afrizal (2024) Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Sistim Pemberian Upah Pembuat Batu Asahan Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sd Daftar Isi)
cover daftar isi Arizal Arif 1713030129.pdf - Published Version

Download (985kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I Arizal Arif 1713030129.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
BAB III Arizal Arif 1713030129.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
BAB V Arizal Arif 1713030129.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (Fulltext)
fulltextt_Arizal_Arif_1713030129.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi sistim pembayaran upah dilatar belakangi oleh adanya upah pekerja yang tidak dibayar oleh pemilik batu asahan. Adapun pertanyaan penelitian dalam skipsi ini adalah 1) Bagaimana Sistim Pembayaran Upah Pembuat Batu Asahan Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. 2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Sistim Pembayaran upah Pembuat Batu Asahan Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah pemilik batu asahan dan pekerja batu asahan. Adapun hasil penelitian yaitu 1) pembayaran upah dilaksanakan satu kali seminggu yaitu pada hari Minggu atau Senin 2) Upah yang dibayar oleh pemilik batu asahan sebanyak 8000 perkodi 1 kodi terdiri dari 2 ikat batu, dan pembayaran upah yangt bisa dilakukan hanya untuk batu yang pasnya saja atau yang bisa diikat. 3. Batu yang berlebih dari yang diikat atau yang tidak bisa diikat tidak dibayarkan upahnya. 4) Menurut Fiqh Muamalah sistim pembayaran upah pembuat batu asahan Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota sah karena telah terpenuhi rukun dan syarat ijarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fiqh Muamalah, Pembayaran Upah, Batu Asahan
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:19
Last Modified: 01 Apr 2024 04:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20954

Actions (login required)

View Item View Item