Pengaruh Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Terhadap Minat Kunjung Pemustaka Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Selatan

Sari, Irna Fadilla (2024) Pengaruh Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Terhadap Minat Kunjung Pemustaka Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh pemanfaatan instagram sebagai media promosi terhadap minat kunjung pemustaka pada dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Solok Selatan, mendeskripsikan apakah ada pengaruh pemanfaatan instagram sebagai media promosi terhadap minat kunjung pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Selatan dan mendeskripsikan bagaimana minat kunjung pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket. Angket ini disebarkan kepada 73 sampel dari 277 populasi dengan teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pearson correlation sebesar 0,547, yang menunjukkan bahwa hubungan antara pemanfaatan instagram sebagai media promosi dan minat kunjung pemustaka dilihat dari tabel interpretasi tergolong sedang Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X dan variabel Y memiliki derajat hubungan korelasi sedang. Hasil uji F sebesar 30,344 > 3.98 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka. Dan Hasil uji signifikan (uji-t) menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan nilai t hitung > t tabel: 5,509 > 1,992997 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pemanfaatan instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil R Square sebesar 0,299 atau 29,9% sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen pemanfaatan instagram sebagai media promosi perpustakaan berhubungan sebesar 29,9 % terhadap variabel dependen minat kunjung pemustaka. Sedangkan sisanya sebesar 70,1 % berhubungan dengan faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Promosi, Minat Kunjung
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 30 Mar 2024 07:35
Last Modified: 30 Mar 2024 07:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item