Analisis Sitiran terhadap Tesis Mahasiswa Magister Hukum Keluarga Tahun 2017-2023 dan Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Siregar, Naufal Adlani Mirza (2024) Analisis Sitiran terhadap Tesis Mahasiswa Magister Hukum Keluarga Tahun 2017-2023 dan Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada dasarnya perpustakaan dituntut untuk harus mampu menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan oleh setiap orang. Ketersediaan sumber rujukan merupakan tanggung jawab suatu lembaga perpustakaan. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan karakteristik pemanfaatan literatur oleh peneliti dalam penulisan Tesis Mahasiswa Magister Hukum Keluarga dan untuk mengetahui ketersediaan koleksi sitirannya di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang (2) Mensupport lembaga UIN dalam membuat peta jalan penelitian dan pengabdian maupun penelitian selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode analisis sitiran terhadap daftar pustaka dari tesis mahasiswa Magister Hukum Keluarga. Populasi dari pada penelitian ini berjumlah 69 tesis mahasiswa yang tersedia di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 69 tesis diperoleh 4159 sitiran dengan rata-rata 60,27 sitiran, (a) buku jenis literatur yang paling banyak disitir dengan 3134 sitiran (75,33%), Fiqih Munakahat merupakan judul buku yang paling banyak disitir, (b) jenis literatur yang paling banyak disitir kedua adalah jurnal dengan frekuensi 565 sitiran (13,58%), Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam merupakan jurnal yang paling banyak disitir dengan frekuensi 9 sitiran (29,27%), (c) pengarang yang paling banyak disitir adalah Amir Syarifuddin dengan frekuensi 98 sitiran (37,40%), (d) Bahasa literatur yang paling disitir adalah bahasa Indonesia dengan frekuensi 2998 sitiran (72,08%), (e) Paro hidup literatur sitiran pada tesis adalah 16,68 tahun. (2) Ketersediaan koleksi dilihat dari segi judul buku dan pengarang semua tersedia di Perpustakaan Pusat UIN Imam Bonjol Padang, namun pada jurnal hanya jurnal Juris: Jurnal Ilmiah Syariah yang tersedia di Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis sitiran, ketersediaan koleksi, hukum keluarga.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:32
Last Modified: 30 Mar 2024 02:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item