Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk write Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi IPAS Peserta Didik Kelas IV di Sd Negeri 19 Padang Sirih (Pesisir Selatan)

Claudia, Sindi (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk write Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi IPAS Peserta Didik Kelas IV di Sd Negeri 19 Padang Sirih (Pesisir Selatan). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, daftar isi)
Cover, Daftar Isi Sindi Claudia Ok.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 SINDI.pdf - Published Version

Download (727kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 SINDI.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 SINDI.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (Skripsi FullTeks)
Skripsi Full Teks Sindi Claudia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPAS yang masih rendah. Hal tersebut dilihat pada hasil observasi peneliti di SD Negeri 19 Padang Sirih dapat diketahui bahwa nilai ulangan harian peserta didik mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, yaitu mencapai 65% yang tidak tuntas dan juga pembelajaran IPAS masih berpatokan pada buku, sehingga menyebabkan peserta didik mudah jenuh dan kurang aktif dalam pembelajaran berlangsung. Solusi untuk mengatatasi pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran materi IPAS di SD Negeri 19 Padang Sirih(Pesisir Selatan), dapat mengetahui pengaruh signifikan pada penerapan model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 19 Padang Sirih (Pesisisr Selatan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental designs, dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Kelas IV sebagai kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan bantuan Microsoft Excel dan bantuan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan hasil uji paired sampel T-tes menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPAS yaitu diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 sedangkan sig yaitu 0,05 jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa 0,000< 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat peningkatan hasil terhadap peserta didik setelah diterapkan model Cooperatif Learning tipe Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Learning Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:23
Last Modified: 31 Mar 2024 01:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item View Item