Indra, Ghina (2024) Pengaruh Peran Pengasuh Dalam Membentuk Perilaku Prososial Anak Asuh di Panti Asuhan Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover dll)
Ghina Indra. 1912020052. cover - daftar isi .pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
ghina indra 1912020052 BAB 1.pdf - Published Version Download (609kB) |
|
Text (BAB III)
ghina indra 1912020052 BAB 3.pdf - Published Version Download (645kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
ghina indra 1912020052 bab 5 dan daftar pustaka.pdf - Published Version Download (430kB) |
|
Text (Skripsi Fulltex)
Ghina Indra. 1912020052. Skripsi Fulltex.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Peran pengasuh adalah kedudukan atau tanggung jawab yang menjadi tugas seorang pengasuh dalam menjalankan perannya sebagai orang tua pengganti bagi anak-anak yang tinggal di panti asuhan. Namun karena banyaknya anak yang tinggal di panti asuhan membuat tidak semua anak dapat perhatian dan bimbingan dari pengasuh. Pada umumnya anak panti yang kurang mendapatkan kasih sayang dari pengasuh, sehingga terkadang mereka mencari perhatian. Pengasuh bukan hanya dianggap sebagai penjaga, tetapi juga sebagai pendidik dan pembentuk karakter yang dapat mempengaruhi perilaku anak secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh peran pengasuh dalam membentuk perilaku prososial anak asuh di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data regresi linear sederhana. Populasi dari penelitian ini adalah anak asuh yang tinggal di panti asuhan di Kota Solok. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 145 orang anak asuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket, dengan skala yan dipakai adalah skala peran pengasuh dan skala perilaku prososial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : tingkat kategorisasi peran pengasuh pada anak asuh yang ada di panti asuhan Kota Solok lebih dominan adalah sedang dengan nilai sebanyak 66,2%. Sedangkan tingakat perilaku prososial anak asuh di panti asuhan Kota Solok lebih dominan sedang dengan nilai 64,1%. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh peran pengasuh terhadap pembentukan perilaku prososial dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diteima. Kesimpulannya terdapat pengaruh peran pengasuh dalam membentuk perilau prososial anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pengasuh, Perilaku Prososial, Kabupaten Solok |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:54 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20852 |
Actions (login required)
View Item |