Pengaruh Penggunaan Sarana Penelusuran OPAC (Online Public Acces Catalog) Terhadap Pemanfaatan Koleksi Oleh Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Zaki, Fadhil Muhammad (2024) Pengaruh Penggunaan Sarana Penelusuran OPAC (Online Public Acces Catalog) Terhadap Pemanfaatan Koleksi Oleh Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V & DAFTAR PUSTAKA)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengaruh Penggunaan Sarana Penelusuran OPAC (Online Public Acces Catalog) Terhadap Pemanfaatan Koleksi Oleh Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sarana penelusuran OPAC (Online Public Acces Catalog) terhadap pemanfaatan koleksi oleh pemustaka di dinas perpustakaan dan kearsipan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan wawancara. Adapun metode yang digunakan dengan teknik Sampling Insedential yaitu siapupun yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti atau insedental bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel. Sampel yang digunakan 10% dari jumlah populasi maka jumlah sampel penelitian ini 98 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan regresi linear sederhana Y= dari variabel X (pengaruh penggunaan sarana penelusuran OPAC) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (pemanfaatan koleksi oleh pemustaka). Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh hasil bahwa T hitung lebih besar dari tabel (11,619 > 1,984984) dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara penggunaan penggunaan sarana penelusuran OPAC terhadap pemanfaatan koleksi oleh pemustaka. Koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0,241, nilai tersebut memiliki arti bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 24,1%. nilai tersebut diartikan pengaruh penggunaan sarana penelusuran OPAC (Online Public Acces Catalog) terhadap pemanfaatan koleksi oleh pemustaka di dinas perpustakaan dan kearsipan memiliki pengaruh dengan persentase 58,4%. Sedangkan lainnya 75,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Umum, Sarana Penelusuran, OPAC, Katalog Online Pemanfaatan Koleksi.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:27
Last Modified: 30 Mar 2024 02:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20847

Actions (login required)

View Item View Item