Keharmonisan Rumah Tangga Pasangan Pernikahan Endogami Pada Masyarakat Desa Muara Panco Kecamatan Renah Pembarab Kabupaten Merangin

Insan, Khoirul (2024) Keharmonisan Rumah Tangga Pasangan Pernikahan Endogami Pada Masyarakat Desa Muara Panco Kecamatan Renah Pembarab Kabupaten Merangin. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (827kB)
[img] Text (Full Teks)
SKRIPSI LENGKAP KHOIRUL INSAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pernikahan endogami ialah perkawinan yang menghendaki pasangan dari lingkungan sosialnya sendiri, misal di lingkungan kerabat, lingkungan kelas sosial, atau lingkungan pemukiman dan lainnya, pernikahan endogami sendiri banyak memiliki dampak negatif baik dari segi kesehatan, keturunan yang dilahirkan, maupun dari segi keharmonisan rumah tangga. Seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Diponerogo mengatakan bahwa menikah secara endogami dapat menyebabkan anak yang dilahirkan akan cacat, terlebih lagi jika Genetiknya cacat. Kemudian tentang dampak pernikahan endogami sendiri berdampak negatif bagi keharmonisan rumah tangga, seperti keluarga terlalu ikut campur dalam urusan rumah tangga, kemudian jika terjadi permasalahan maka hubungan keluarga besar akan retak, sehingga pasangan yang menikah secara endogami kebanyakannya tidak harmonis rumah tangganya disebabkan karna hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bentuk pernikahan endogami pada masyarakat Desa Muara Panco, faktor yang melatarbelakangi masyarakat Desa Muara Panco menikah endogami, serta bagaimana keharmonisan rumah tangga pasangan pernikahan endogami pada masyarakat Desa Muara Panco. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan sumber data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa bahan bacaan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisa data bersifat deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini adalah kebanyakan bentuk pernikahan endogami masyarakat Desa Muara Panco yaitu karna perjodohan, selanjutnya faktor yang melatarbelakangi pernikahan endogami masyarakat Desa Muara Panco ada 5 faktor yaitu karna kejelasan nasab, karna faham agama, karna menjaga keturunan, karna menjaga harta dan karna menjaga agar silaturrahmi tidak terputus. Kemudian keharmonisan rumah tangga pasangan pernikahan endogami sudah memenuhi indikator keluarga harmonis yaitu sakinah, mawaddah dan rahmah, sehingga pasangan pernikahan endogami pada masyarakat Desa Muara Panco dapat dikatakan sebagai pasangan yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan, Keluarga, Pernikahan, Endogami.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 16:17
Last Modified: 30 Mar 2024 16:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item View Item