Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching (GT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok

Putri, Marbuana Ines (2024) Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching (GT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover &Daftar Isi)
Bagian Cover-Daftar Isi (1).pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text (BAB I)
Watermak Bab 1.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
Watermak Bab 3 (1) (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
Watermak Bab 5.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ilovepdf_merged_3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN1 Kubung. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang di pilih belum mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Kubung. Kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik kelas VIII perlu ditinjau lanjut dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik kelas VIII SMPN 1 Kubung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dalam bentuk quasy eksperiment dan rancangannya Rondomized Control Group Only Design. Populasi penelitian dalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kubung tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji-t. Setelah dilakukan tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eskperimen 79,33 dan kelas kontrol 66,86. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, pada selang kepercayaan 95% di peroleh t_(tabel )= (1,69) t_hitung= (3,15) maka keputusan H_1 diterima artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan yang belajar dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dari pada model pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 1 Kubung. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model Guided Teaching efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guided Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 30 Mar 2024 17:49
Last Modified: 30 Mar 2024 17:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20807

Actions (login required)

View Item View Item