Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Pariaman

Ikhsan, Fauzan (2024) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar isi)
Coverdan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text Fauzan Ikhsan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Akidah akhlak adalah pembelajaran yang memberikan bimbingan atau pengajaran kepada peserta didik. Di dalam materi pembelajaran akidah akhlak sangat mempengaruhi perilaku peserta didik, karena dengan mendidik perilaku secara baik maka peserta didik akan mengerti bagaimana akhlak yang baik, serta dapat membina, membimbing dan memberi rasa aman didalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu : (1) Untuk mengetahui pembelajaran akidah akhlak MTsN 2 Kota Pariaman. (2) Untuk mengetahu perilaku sosial siswa MTsN 2 Kota Pariaman. (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa MTsN 2 Kota Pariaman. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu 622 orang peserta didik. Pengambilan sampel sebanyak 66 orang dengan teknik random purposive sampling. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan cara menyebarkan angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan hasil analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Pembelajaran akidah akhlak siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 68%. (2) Perilaku Sosial siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 74%. (3) Dari hasil pengolahan data diperoleh Fhitung = 34,083, dan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,669, sehingga Fhitung > Ftabel. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa MTsN 2 Kota Pariaman. Nilai R square diperoleh sebesar 0,347, artinya pembelajaran akidah akhlak memberikan pengaruh sebesar 34,7% terhadap perilaku sosial siswa MTsN 2 Kota Pariaman, sedang 65,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku Sosial
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Akhlak
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 07:39
Last Modified: 30 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item