Faktor Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Akbar, Muhammad Alfikri (2024) Faktor Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover)
M. Alfikri Akbar_Cover.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3..pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Full Text)
Muhammad Alfikri Akbar_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Para Pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat masih di jumpai yang belum menerapkan kedisiplinan kerja, baik dalam masuk kerja dan keluar kantor seperti terlambat bahkan tidak masuk kerja. Faktor Kedisiplinan memegang peran penting dalam pelaksanaan tugas pegawai. Seorang pegawai memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi akan tetap bekerja dengan baik walaupun tidak di awasi, akan menaati peraturan tanpa ada rasa paksaan dan hakikatnya pegawai yang memiliki kedisipilinan yang baik akan mempunyai kinerja yang baik dan sesuai dengan target. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya besar kecil pemberian kompensasi, ada tidaknya keteladanan pimpinan, ada tidaknya aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan, keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan, ada tidaknya pengawasan pemimpin, ada tidaknya perhatian pemimpin kepada pegawai, dan Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Kuini No.78B, Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah Ketua Bidang Penmad, Ketua Bidang Pabkis, Ketua Bidang Bagian TU, Pegawai ASN bagian Kepegawaian, dan Pegawai ASN bagian Keuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya besar kecil pemberian kompensasi di Kanwil dibagi Kompensasi secara langsung berupa keuangan seperti Gaji,TUKIN,dan Uang Makan. Kemudian Kompensasi tidak langsung berupa non keuangan seperti fasilitas kantor, AC, Komputer dan Mesin Print. (2) Adanya keteladanan pimpinan berupa mencontohkan sikap yang baik, semangat dan aktif menjalankan program-program yang telah di sepakati dengan amanah. (3) adanya aturan pasti di Kanwil dengan berpegang kepada Peraturan Perundang-undangan No. 94 tahun 2021 tentang kedisiplinan pegawai. (4) adanya keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan dengan melakukan pemotongan TUKIN bagi yang terlambat, pulang sebekum waktunya dan tidak masuk kerja. (5) adanya pengawasan pemimpin dengan. meminta laporan hasil kerja pegawai baik hasil kerja tujuannya untuk melihat sejauh mana hasil kerja pegawai (6) perhatian pemimpin kepada pegawai dengan memberikan dorongan dan semangat dalam bekerja dan mencarikan jalan keluar terhadap permasalah yang dihadapi oleh pegawai. (7) Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin kerja dengan adanya bentuk menghargai pegawai yang memiliki prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompensasi, Keteladanan Pemimpimpin, Aturan Pasti, Keberanian Pemimpin, Pengawasan Pemimpin, Perhatian Pemimpin dan Diciptakannya Kebiasaan-kebiasaan Disiplin Kerja
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:34
Last Modified: 01 Apr 2024 03:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item