Pengaruh Penerapan Qr-Code (Quick Response Code) Berbasis Web Terhadap Layanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Solok.

Azimah, Rahmatul (2024) Pengaruh Penerapan Qr-Code (Quick Response Code) Berbasis Web Terhadap Layanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Kode QR mempunyai tujuan utama untuk memudahkan pengguna smartphone dalam mengakses dan memperoleh informasi. Dengan menggunakan QR code dalam layanan sirkulasi memudahkan pustakawan dalam mencatat dan menginput pendaftaran, serta untuk information retrieval (OPAC), pengguna perpustakaan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk proses pendaftaran anggota baru dan ketersediaan koleksi perpustakaan. Sedangkan sebelum menggunakan kode QR membutuhkan waktu yang lama dalam hal pencatatan dan penginputan registrasi, kurangnya keakuratan mengenai ketersediaan dan keberadaan koleksi perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem informasi QR Code berbasis web terhadap pelayanan sirkulasi pada pelayanan perpustakaan dan kearsipan kota Solok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yaitu penelitian yang menggunakan analisis data dalam bentuk numerik/angka dengan menggunakan teknik analisis statistik parametrik. Dari hasil analisis regresi dan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penerapan QR code yang ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 14,904 + 0,712 Yang signifikan adalah penerapan QR code pada pelayanan sirkulasi di dinas perpustakaan dan kearsipan kota Solok, lebih tepatnya di perpustakaan daerah kota Solok. Jadi hasil analisis menunjukkan bahwa semakin baik penerapan kode QR maka semakin tinggi pula kualitas layanan sirkulasi. Dan semakin buruk penerapan kode QR maka semakin rendah kualitas pelayanan sirkulasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, QR Code, Layanan Sirkulasi, Sistem Informasi, Perpustakaan Daerah.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Perpustakaan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 30 Mar 2024 01:26
Last Modified: 30 Mar 2024 01:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item