Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMPN 8 Bukittinggi

Anisa, Syafira Yunita (2024) Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMPN 8 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT REPOSITORY)
SKRIPSI FULL TEXT REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangai oleh peserta didik tidak terbiasa mengembangkan kemampuan reversible thinking matematis dalam menyelesaikan permasalahan matematika secara optimal. Kemampuan reversible thinking matematis sangat penting untuk dimiliki setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar, berpikir dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika yang bersifat reversible. Kemampuan ini diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan reversible thinking matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMPN 8 Bukittinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling . Subjek pada penelitian ini sebanyak 29 orang peserta didik kelas VIII.3 di SMPN 8 Bukittinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan reversible thinking matematis peserta didik kelas VIII.3 di SMPN 8 Bukittinggi dikategorikan sedang dengan pencapaian rata-rata 51,64%. Pada aspek negation or invers diperoleh 61,72% dengan kategori sedang. Pada aspek reciprocity diperoleh 47,76% dengan kategori sedang. Dan pada aspek kembali kedata awal setelah mendapatkan hasil diperoleh 45,44% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik kelas VIII.3 di SMPN 8 Bukittinggi sudah memiliki kemampuan reversible thinking matematis dengan kategori sedang pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Reversible Thinking Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 07:01
Last Modified: 30 Mar 2024 07:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20712

Actions (login required)

View Item View Item