Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Kepada Anak (Studi Orang Tua Pengupas Jagung) di Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Almuari Ela (2024) Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Kepada Anak (Studi Orang Tua Pengupas Jagung) di Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (944kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua yang bekerja sebagai pengupas jagung yang memiliki keterbatasan waktu dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada anaknya baik itu secara verbal maupun non verbal.Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui pola komunikasi verbal orang tua dalam menanamkan nilai-nilai agama saat berada di rumah dan kedua untuk mengetahui pola komunikasi non verbal orang tua dalam menanamkan nilai-nilai agama saat berada di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan informen penelitian adalah orang tua yang bekerja sebagai pengupas jagung dan anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Data-data penelitian dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa: Pertama, pola komunikasi verbal orang tua saat berada di rumah antara lain: menanamkan nilai-nilai agama dengan kata-kata mengigatkan waktu sholat, lemah lembut, sopan santun, membujuk, dan motivasi. Kedua, pola komunikasi non verbal orang tua saat berada di rumah antara lain: menanamkan nilai-nilai agama mengunakan gerakan (tangan dan bola mata), berpamitan (menyentuh anggota badan anak), (keteladanan). Dengan demikian dari hasil observasi dan wawancara penulis dengan orang tua baik dari segi komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Komunikasi yang dibangun orang tua dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada anak di temukan pola komunikasi keluarga dinyatakan langsung dari tingkah laku atau perlakuan serta karakteristik orang tua mendominasi, memanjakan, dan acuh tak acuh terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola, komunikasi, nilai-nilai, agama
Subjects: Agama Islam > Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:50
Last Modified: 01 Apr 2024 02:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20702

Actions (login required)

View Item View Item