Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMPN 1 Kubung Kab. Solok

Putri, Diana Novia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMPN 1 Kubung Kab. Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi-1_organized.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Novia (1).pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III NOVIA (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V & DAFTAR PUSTAKA)
BAB V & Daftar Pustaka NOVIA.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ilovepdf_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan berpusat pada pendidik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini menyebabkan kurangnya keaktifan peserta didik mengikuti proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kubung. Hasil belajar peserta didik masih rendah dan belum mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kubung Kab. Solok. Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Kubung Kab. Solok tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel berjumlah 54 orang peserta didik. Teknik Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 23 kemudian di deskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kubung Kab. Solok meningkat dan mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data. Uji normalitas di peroleh nilai eksperimen sebesar sig > 0,05 yaitu 0,459 > 0,05 dan kelas kontrol 0,647 > 0,05 artinya data hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dari signifikansi hasil belajar tersebut > 0,05. Uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa di peroleh nilai signifikan 0,164 > 0,05. Artinya data post test kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki data yang sama (homogen). Uji hipotesis diperoleh sig. dalam dua sisi atau sig. (2-tailed) sebesar = 0,003 diambil kesimpulan bahwa (0,003 < 0,05). Hal ini berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. t_hitung 3,107 > t_table1,675 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 78,14 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 69,23. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Model pembelajaran problem based laerning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kubung Kab. Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, lkpd, hasil belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:45
Last Modified: 30 Mar 2024 06:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20696

Actions (login required)

View Item View Item