Kegiatan Muhadharah sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik di MTsN 1 Padang Pariaman

Rahmi, Elfi (2024) Kegiatan Muhadharah sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik di MTsN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (SKRIPSI ELFI RAHMI FULL TEXT)
SKRIPSI ELFI RAHMI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya rasa percaya diri peserta didik menimbulkan dampak negatif terhadap prestasi akademik rendah, kurangnya partisipasi dalam kelas, isolasi sosial, rendahnya kesejahteraan emosional, kurangnya pengembangan potensi, serta stres dan kecemasan terutama dalam situasi yang memerlukan interaksi sosial atau penilaian publik, seperti presentasi di depan kelas. Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler di madrasah adalah platform yang efektif untuk membentuk dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Integrasi kegiatan Muhadharah dalam program ekstrakurikuler dapat menjadi upaya yang efektif untuk memberikan kesempatan mengembangkan potensi diri dan meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dikarenakan Muhadharah memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berlatih berbicara di hadapan audiens secara berkesinambungan dengan mendalami materi yang akan disampaikan. Tujuan dalam penelitian Skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui kegiatan Muhadharah di MTsN 1 Padang Pariaman, (2) Untuk mengetahui upaya meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui kegiatan Muhadharah di MTsN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Muhadharah di MTsN 1 Padang Pariaman dilaksanakan rutin pada hari Jum'at pukul 07-30 sampai dengan 08.20 WIB. Kegiatan Muhadharah wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 7 sampai kelas 9 Muhadharah bukan hanya sebagai platform latihan berpidato saja akan tetapi peserta didik juga tampil protokol/mc, membaca al- Qur'an, Hafidz Al-Qur'an, penampilan asmaul husna, penampilan Asmaul Husna, pidato 3 bahasa (bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Arab), dan nyanyi religi. Adapun teknik yang pada umumnya digunakan dalam Muhadharah adalah teknik hafalan. Tujuan dilaksanakan kegiatan muhadharah yaitu untuk mengembangkan potensi bakat minat, melatih mental, dan meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Kegiatan efektif sebagai upaya meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui kegiatan Muhadharah yaitu 1) Latihan, 2) Motivasi, 3) Memberi reward dan apresiasi, 4) Evaluasi, dan 5) Mengikutsertakan siswa dalam event dan kompetensi. Kan Kunci: Muhadharah, Percaya Diri, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muhadharah, Percaya Diri, Peserta Didik
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:52
Last Modified: 30 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item