Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas XII Sma Negeri 1 kubung Kabupaten Solok

Wati, Lidia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas XII Sma Negeri 1 kubung Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-DaftarIsi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Dapus.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (FUL TEXT)
LAMPIRAN FIXS_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Isladi kelas XII SMA Negeri 1 Kubung 2023/2024. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, sebagian peserta didik belum tekun menghadapi tugas, masih banyak peserta didik yang aktivitasnya masih pasif saat belajar, peserta didik kurang Aktivitas terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga kurang memperhatikan penjelasan guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya aktivitas belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran generatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dikelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XII SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dikelas Eksperimen dengan model pembelajaran Generatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XII SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XII SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah XII.IPA 1 dan kelas kontrol adalah XII.IPA 2. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 76,00 nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 74,29 nilai rata-rata post-test kelas kontrol 81.97 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 88.00. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 22 dapat diperoleh signifikansi kedua kelas dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata maka diperoleh (0,000<0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa h_0 yang berarti tidak ada pengaruh aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran generatiF ditolak dan h_a diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran generatif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XII SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran generatif,aktivitas belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:27
Last Modified: 30 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item View Item