Pengembangan E-Modul Fisika Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Science and Engineering Practices

Putri, Yoza Yulia (2024) Pengembangan E-Modul Fisika Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Science and Engineering Practices. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar)
Cover-Daftar Yoza.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Yoza Yulia Putri.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Yoza Yulia Putri.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka Yoza Yulia Putri.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI setelah Sidang_Yoza Yulia Putri_1914080007 (Repaired)-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

NGSS merupakan standar pendidikan sains yang menuntut peserta didik untuk menghubungkan antara teori ilmiah dengan kemampuan praktik. Salah satu kemampuan yang menjadi standar NGSS yakni kemampuan dalam science and engineering practices. Kemampuan Science and Eengineering Practices (SEP) peserta didik masih rendah. Penyebab rendahnya SEPs peserta didik diantaranya kemampuan peserta didik dalam menyusun pertanyaan ilmiah, menentukan variabel, menjelaskan hubungan sebab akibat, serta memberikan kesimpulan masih dalam bentuk sederhana dan penggunaan bahan ajar yang masih konvensional. Untuk itu diperlukan bahan ajar berupa e-modul fisika model project based learning yang dapat melatih kemampuan SEP peserta didik yang dapat diakses dimana saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas e-modul fisika model project based learning dengan menggunakan e-modul dan daripada metode konvensional. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini menerapkan model PjBL dengan menggunakan e-modul yang mengaitkan dengan keseluruhan indikator SEP. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random saampling untuk pengambilan sampel. Data dianalisis menggunakan teknik analisis varians (ANOVA) untuk melihat perbedaan ketiga sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul fisika model project based learning lebih efektif dibandingkan e-modul dan lebih efektif daripada konvensional dalam meningkatkan kemampuan science and engineering practices peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, project based learning, science and enginering practices
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:26
Last Modified: 30 Mar 2024 06:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20666

Actions (login required)

View Item View Item