Peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menanamkan nilai keagamaan pada siswa kelas VIII di MTsN 3 Lima Puluh Kota

Syahnia, Fitri (2024) Peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menanamkan nilai keagamaan pada siswa kelas VIII di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- daftar isi)
COVER-daftar isi -1.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I fixx.pdf - Published Version

Download (636kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III fixx.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V fixx.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Skripsi full)
Gabungan skripsi Fitri Syahnia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nilai-nilai keagamaan seseorang anak semakin luntur, disinilah peran pendidikan sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak sejak dini. Peran seorang guru dalam suatu lembaga pendidikan bukan hanya “transfer of knowledge” tetapi juga sebagai “spiritual father” yang memberikan santapan jiwa berupa ilmu, pembinaan akhlak mulia, dan mengupayakan seluruh potensi siswa baik potensi afektif, kognitif maupun psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai akidah pada siswa kelas VIII di MTsN 3 Lima Puluh Kota. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai akhlak pada siswa kelas VIII di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, ketentuan pengamatan dan pembahasan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai akidah pada siswa yaitu guru berperan sebagai pembimbing dan motivator pada siswa, selain itu guru akidah akhlak juga melakukan pembiasaan keagamaan dalam bidang akidah seperti berdoa setiap sebelum dan setelah pembelajaran selesai, membaca ayat-ayat Al-Qur’an, dan hafalan surat-surat pendek, serta guru juga mengadakan kegiatan ekstra TPSA, Tahfiz Al-Qur’an. (2) Peran guru akidah akhlak dalam menanmkan nilai akhlak yaitu guru sebagai pendidik, pembimbing dan sosok teladan bagi siswanya melalui pembiasaan-pembiasaan keagamaan, seperti kegiatan bersalaman pagi pada saat datang ke sekolah, selalu mengucapkan salam, berkata sopan dan dengan bahasa yang santun kepada guru, pembiasaan shalat dhuha, mengadakan ceramah dan motivasi akhlak setelah sholat dzuhur berjamaah, ekstra forum annisa’ dan ekstra forum arrijal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran guru mata pelajaran akidah akhlak, nilai keagamaan
Subjects: Agama Islam > Akhlak > Akhlak Berdasarkan Naqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:47
Last Modified: 30 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20656

Actions (login required)

View Item View Item