Kesadaran Hukum Terhadap Penumpang Tanpa Tike Pengguna Jasa Travel PT. Nusa Mulya

Tasmi, Syilvi (2024) Kesadaran Hukum Terhadap Penumpang Tanpa Tike Pengguna Jasa Travel PT. Nusa Mulya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Sampul Teks)
Cover - Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (921kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (663kB)
[img] Text (FULL TEKS)
skripsi Full Syilvi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kepatuhan pengemudi angkutan travel PT. Nusa Mulya yang sering berhenti untuk mengambil penumpang diluat tiket, bukan di dalam loket travel Nusa Mulya, yang akan berdampak kepada penumpang travel tersebut karena mereka tidak bisa mendapatkan hak dan kewajibannya apabila terjadi hal-hal yang merugikan penumpang tersebut. Rumusan masalah yang peneliti gunakan bagaimana kesadaran hukum terhadap penumpang tanpa tiket pengguna jasa travel PT. Nusa Mulya. Difokuskan kepada dua pertanyaan yaitu bagaimana kesadaran penumpang tanpa tiket terhadap penggunaan jasa travel PT. Nusa Mulya, apakah faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran hukum pengguna jasa travel PT. Nusa Mulya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik wawancara yang dilakukan langsung ke lokasi pada PT. Nusa Mulya. Penelitian ini menggunakan dua sumber primer yaitu pengolahan data yang ada dan sekuder yaitu Al-quran, Hadits, Buku, Jurnal, dan internet yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan atau instansi PT. Nusa Mulya masih rendah kesadaran hukumnya karena masih ada pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi/sopir terhadap penumpang. Penumpang/konsumen tanpa tiket sendiri juga masih rendah kesadaran hukumnya karena mereka tidak mengetahui akan hak dan kewajiban yang mereka dapatkan dari PT. Nusa Mulya. Melalui penelitian ini diharapkan bahwa pihak perusahaan/instansi lebih mengutamakan keselamatan penumpang dan pihak pengemudi jasa harus menerapkan kewajiban yang sudah diterapkan oleh perusahaan/instansi sehingga tidak terjadi kerugian yang dialami oleh penumpang. KATA KUNCI :KESADARAN HUKUM, KONSUMEN, dan JASA TRAVEL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Hukum, Konsumen, Jasa travel
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:36
Last Modified: 01 Apr 2024 06:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20643

Actions (login required)

View Item View Item