Kebermaknaan Hidup Anak yang Tidak Mendapat Peran Ayah di Jorong Pasir Panjang Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Hafni, Nurul Saiddah (2024) Kebermaknaan Hidup Anak yang Tidak Mendapat Peran Ayah di Jorong Pasir Panjang Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cver-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (877kB)
[img] Text (BAN I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (692kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI NURUL FULL_merged-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kebermaknaan hidup merupakan dorongan dan motivasi yang kuat untuk seseorang melakukan kegiatan yang berguna. Dari 71 orang anak berusia 6-13 tahun di Jorong Pasir Panjang Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, terdapat 3 orang anak yang tidak mendapat peran ayah karena orang tua bercerai, di mana peran ayah mempengaruhi perkembangan emosional, sosial, dan psikologis mereka. Anak yang tidak mendapat peran ayah mereka merasa kehilangan, kebingungan, dan ketidakpastian mengenai peran ayah dalam hidupnya. Hal ini dapat mempengaruhi pencarian makna hidup mereka serta membentuk persepsi tentang hubungan, kepercayaan, dan nilai-nilai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini 3 orang anak di Jorong Pasir Panjang Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi secara langsung dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kebermaknaan hidup anak yang tidak mendapat peran ayah dari aspek pemahaman diri diketahui bahwa sebagian dari mereka dapat mengontrol diri, intropeksi, serta dapat mengambil keputusan yang lebih baik. 2) Aspek nilai-nilai, diketahui bahwa anak yang tidak mendapat peran ayah sebagian dari mereka dapat merubah pola pikir dan membentuk rencana kedepannya seperti, kebahagiaan, pencapaian, dan spritualitas. 3) dan aspek ibadah diketahui bahwa anak yang tidak mendapat peran ayah mereka memiiki bentuk penyerahan diri kepada Allah seperti, solat, zakat, puasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebermaknaan Hidup, Anak, Peran Ayah
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:10
Last Modified: 01 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20639

Actions (login required)

View Item View Item