Peran Hatobangon Dalam Penyelesaian Sengketa Rumah Tangga Di Desa Lubuk Bontar Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Siregar, Hasim Mulia (2024) Peran Hatobangon Dalam Penyelesaian Sengketa Rumah Tangga Di Desa Lubuk Bontar Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover & Daftar isi)
Hasim Mulia Siregar NIM 2013010079 Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (988kB)
[img] Text (BAB 1)
Hasim Mulia Siregar NIM 2013010079 BAB 1.pdf - Published Version

Download (894kB)
[img] Text (BAB 3)
Hasim Mulia Siregar NIM 2013010079 BAB 3.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB 5)
Hasim Mulia Siregar NIM 2013010079 BAB 5.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (Full Text)
Hasim Mulia Siregar NIM 2013010079 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peran Hatobangon di Desa Lubuk Bontar dalam penyelesaian sengketa antara suami dan istri sehingga tidak terjadi perceraian, yang mana peran Hatobangon tersebut sebagai hakam, juru damai atau penengah bagi rumah tangga yang bersengketa tanpa memihak kepada salah satu pasangan suami istri tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Sengketa rumah tangga yang diselesaikan oleh hatobangon di Desa Lubuk Bontar? apa saja penyebab persengketaan rumah tangga yang di selesaikan oleh hatobangon di Desa Lubuk Bontar? bagaimana tahapan Hatobangon dalam penyelesaian sengketa rumah tangga di Desa Lubuk Bontar? Kemudian penulis melakukan penelitian lapangan kepada para Hatobangon dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa data primer berupa wawancara dan observasi dan data sekunder yaitu nash (Al-Qur’an dan Hadits) dan undang-undang yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif yaitu metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam terhadap objek penelitian dengan teknik analisa data bersifat deskriptif yaitu menggambarkan permasalahan di lapangan sesuai apa adanya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat penulis simpulkan bahwa, Sengketa rumah tangga yang di selesaikan oleh hatobangon di Desa Lubuk Bontar yaitu, sengketa yang dipicu dari salah satu pihak (nusyuz) dan sengketa yang dipicu karena kedua belah pihak (syiqaq). Penyebab terjadinya sengketa rumah tangga yang di selesaikan hatobangon tersebut adalah: Ekonomi, selingkuh, judi online, cemburu dan KDRT. Tahapan Hatobangon dalam penyelesaian sengketa rumah tangga tersebut adalah: Adanya laporan, menetapkan hari dan lokasi, mendengarkan permasalahan, menghadirkan anak, memberikan nasehat dan jalan keluar, memberikan waktu berfikir, membuat perjanjian dan jika masih gagal tahapan terakhir adalah mengarahkan mereka pergi ke-Pengadilan Agama. Kata kunci: Peran, Hatobangon, Sengketa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, hatobangon, sengketa.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Mar 2024 22:53
Last Modified: 29 Mar 2024 22:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20587

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item