Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pembayaran Zakat Fitrah (Studi Kasus di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat)

Nuriah, Sinta (2024) Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pembayaran Zakat Fitrah (Studi Kasus di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover-daftar isi.sinta nuriah.1913040031 (1).pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
sinta nuriah 1913040031 bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
sinta nuriah 1913040031 bab 3 (2).pdf - Published Version

Download (828kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
sinta nuriah 1913040031 bab 5.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img] Text (Full Text)
full teks sinta nuriah.1913040031 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus yang terjadi Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Melakukan pembayaran zakat fitrah (jenis beras yang tidak sesuai dengan yang dikonsumsi sehari-hari) pertanyaan penelitian adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan pembayaran zakat fitrah di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat? 2. Apa faktor penyebab kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pembayaran zakat fitrah di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat? 3. Bagaimana tingkat kesadaran hukum masyarakat terhadap pembayaran zakat fitrah di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat?. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: 1. Pembayaran zakat fitrah di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dilakukan dengan dua cara yaitu langsung kepada amil dan juga langsung kepada mustahik. Jika langsung menyerahkan kepada amil zakat masyarakat langsung datang ke Masjid, namun jika ingin menyerahkan langsung kepada mustahik dilakukan dengan cara langsung ke rumah mustahik zakat. Dan untuk Benda yang dibayarkan berupa beras. 2. Adapun faktor penyebab kurangnya kesadaran hukum masyarakat di Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yaitu faktor ekonomi dan juga faktor pengetahuan . Alasan muzakki memberikan jenis beras yang berbeda saat membayar zakat fitrah ialah karna kurangnya pengetahuan. 3. Adapun Tingkat kesadaran hukum masyarakat Kampung Joring Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yaitu tergolong sedang karena mereka mengetahui tentang hukum namun tidak melaksanakannya Kata Kunci: Kesadaran hukum dan Zakat Fitrah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesadaran hukum dan zakat fitrah
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:40
Last Modified: 01 Apr 2024 04:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item