Pendampingan Masyarakat Oleh Koperasi Sejati Duo Muaro Oleh dalam Mempertahankan Haknya Di Desa Muaro Tiu Makmur Kec Pucuk Rantau Kab Kuantan Singingi

Setliawati, Yundri (2024) Pendampingan Masyarakat Oleh Koperasi Sejati Duo Muaro Oleh dalam Mempertahankan Haknya Di Desa Muaro Tiu Makmur Kec Pucuk Rantau Kab Kuantan Singingi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover -daftar isi)
cover-daftar isi.docx - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 WATERMARK.docx - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WATERMARK.docx - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB V)
bab V WATERMARK dan daftar pustaka Yundri Setliawati 1912040025-3.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Yundri Setliawati 1912040025 fullteks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Pembahasan skripsi ini beranjak dari pokok permasalahan bagaimana koperasi dalam mendampingi kesadaran masyarakat akan potensi yang ada pada dirinya. Bagaimana koperasi mendampingi dalam membangkitkan kesadaran kelompok dalam masyarakat agar kompak dalam mempertahankan haknya. Bagaimana koperasi dalam mereformasi kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan terhadap dirinya. Bagaimana Koperasi Sejati Duo Muaro mendampingi dalam membebaskan dan mentranformasi kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan untuk bersama. Pendampingan masyarakat oleh Koperasi Sejati Duo Muaro dalam mempertahankan haknya di Desa Muaro Tiu Makmur Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi masyarakat meminta pertolongan kepada anggota koperasi untuk mendapatkan hak masyarakat kembali ke masyarakat, sehingga dengan adanya pendampingan ini masyarakat memanfaatkan pendampingan yang dilakukan oleh anggota koperasi untuk mengambalikan haknya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kaulitatif deskriptif karena di anggap relavan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi dilapangan. Sumber data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul penulis kemudian mengannalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendampingan masyarakat oleh Koperasi Sejati Duo Muaro dapat membuka kesadaran masyarakat akan haknya atas lahan kaplingan. 2) Koperasi Sejati Duo Muaro juga mendampingi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat, dengan adanya meningkatkan kesadaran ini masyarakat akan tau bagaimana cara masyarakat meningkatkan tanggung jawab karena kesadaran ini sangat penting dalam kehidupan sendiri. 3) Koperasi Sejati Duo Muaro juga mendampingi mereformasi kesadaran masyarakat agar masyarakat melakukan perubahan terhadap mewujudkan tata kelola kelompok yang baik. 4) Koperasi Sejati Duo Muaro juga mendampingi membebaskan mentransformasi kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan bersama, dengan adanya mentransformasi kesadaran masyarakat lebih bebas untuk mengeluarkan pendapat tentang apa yang mereka inginkan dan masyarakat juga merasa lebih dekat dengan anggota koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Masyarakat Dan Koperasi
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:59
Last Modified: 24 Apr 2024 01:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20466

Actions (login required)

View Item View Item