Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembah Melintang Kab. Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2023/2024

Lesgia, Novita (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembah Melintang Kab. Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS LESGI NOVITA)
skripsi FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pentingnya memahami bahwa setiap individu memiliki preferensi atau gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar tersebut dapat mempengaruhi bagaimana peserta didik memahami, memproses, dan mengkomunikasikan konsep matematis. Dalam konteks ini, kemampuan komunikasi merunjuk pada kemampuan peserta didik untuk menyampaikan pemahaman mereka tentang matematika melalui lisan, tulisan, atau representasi visual, Hal ini penting karena komunikasi yang efektif tentang matematika tidak hanya melibatkan pemahaman yang benar, tetapi juga keterampilan dalam menjelaskan gagasan secara jelas dan jelas kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik, visual, dan auditori dan dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, kinestetik, dan auditori. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data digunakan metode angket dan tes kemampuan komunikasi matematis. Pada penelitian ini sebagai objek adalah kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik dan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lembah Melintang Kab. Pasaman Barat tahun pelajaran 2023/2024. Sebagai kelas uji coba soal tes dan angket adalah VIII.1, peserta didik akan dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok visual, kelompok auditori dan kelompok kinestetik. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik Tes ini diberikan kepada peserta didik kelas VIII.1 yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penelitian. Dari hasil jawaban peserta didik pada tes kemampuan kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai tertinggi 96,43 dan nilai terendah 21,43. Setelah memberikan soal tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh rata-rata nilai peserta didik 63,97. Dengan rata-rata 63,97 maka disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan komunikasi Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 04:26
Last Modified: 30 Mar 2024 04:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20447

Actions (login required)

View Item View Item