Riski, Puji Kartini (2024) Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik kelas V SDN 04 Pasar Surantih. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (922kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (548kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Download (695kB) |
|
Text (Bab 5-Dapus)
BAB V-DAPUS.pdf - Published Version Download (471kB) |
|
Text (Fulltext)
SKRIPSI Puji Kartini Riski-1 (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hal tersebut terlihat ketika observasi dan wawancara peneliti di SDN 04 Pasar Surantih dapat diketahui bahwa nilai ulangan harian beberapa peserta didik mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal. Permasalahan lainnya terlihat dari pendidik yang kurang terampil dalam menggunakan strategi pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas V SDN 04 Pasar Surantih. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen (Quasi Exsperimen). Desain yang digunakan adalah adalah Non-Equaivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V A dan kelas V B sebanyak 40 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas V A dan kelas kontrol adalah kelas V B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 20.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 87,50 dan nilai posttest kelas kontrol 63,50. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 hasil analisis diperoleh α sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar = 0,00 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 dan Thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V SDN 04 Pasar Surantih Kab. Pesisir Selatan Kec. Sutera
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 02:31 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 02:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20412 |
Actions (login required)
View Item |