Tinjauan Hukum Islam Terhadap Ungkapan Talak (Studi Kasus Di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya)

Yuhelmi, Reska (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Ungkapan Talak (Studi Kasus Di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
cover_merged-2.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (874kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV(2).pdf

Download (952kB)
[img] Text (BAB V)
RESKA YUHELMI 2013010122 BAB V-FINISHh.pdf - Published Version

Download (587kB)
[img] Text (FULL TEXT)
cover_merged-2_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini dilatarbelakangi oleh banyaknya praktik ungkapan talak kinayah di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasaraya ini. Ada tiga pertanyaan penelitian ini yaitu pertama, apa saja pengungkapan talak di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya? kedua, bagaimana pengaruh ungkapan talak ke hubungan suami istri setelah pengungkapan talak di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya? Ketiga, Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pengungkapan talak di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis melakukan penelitian lapangan. Adapun informan penelitian ini adalah duabelas pasangan yang melakukan ungkapan talak. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ungkapan talak yang diucapkan oleh keduabelas suami merupakan talak kinayah karena kurangnya pemahaman mengenai talak kinayah , lalu dengan mudahnya mempermainkan ungkapan talak baik dalam keadaan emosi maupun dalam keadaan hanya sekedar untuk bercanda dengan istrinya. Kemudian analisis tinjauan hukum Islam terhadap ungkapan talak di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya menunjukkan bahwa talak kinayah tersebut menurut Mazhab Syafi’i sah penjatuhan talaknya baik dalam keadaan emosi, senda gurau atau main-main selama disengaja mengucapkannya sekalipun tak di sengaja maknanya selama rukun dan syarat talak terpenuhi. Sedangkan menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanbali sah penjatuhan talak jika suami berniat untuk menjatuhkan talak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ungkapan Talak, Talak Kinayah, Hukum Islam
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hak Asasi Manusia menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:09
Last Modified: 24 Apr 2024 02:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item