Intertekstualitas kitab Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul karya al-Suyuthi terhadap kitab Asbab Nuzul al-Qur’an Karya al-Wahidi

Marlina, Inda (2024) Intertekstualitas kitab Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul karya al-Suyuthi terhadap kitab Asbab Nuzul al-Qur’an Karya al-Wahidi. Skripsi thesis, PASCASARJANA.

[img] Text (COV)
UP COV DAFSI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I W.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III W.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (BAB V)
UP BAB V Pustaka.pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text (FULL TEXT)
UP FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bentuk keterkaitan kedua teks, pola intertekstualitas yang digunakan, dan implikasi intertekstualitas terhadap karya al-Suyuthi, sehinggan nanti didapatkan jawaban benar atau tidaknya tuduhan Nollin kepada al-Suyuthi. Dalam tesis ini digunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan kajian studi keterkaitan antar teks dilakukan dengan menggunakan kacamata intertekstualitas Julia Kristeva. Sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul karya al-Suyuthi dan kitab Asbab Nuzul al-Qur’an Karya al-Wahidi. Sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini adalah buku teks, jurnal dan sumber lain yang berkaitan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, pertama, adanya keterkaitan kitab Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul karya al-Suyuthi dengan kitab Asbab Nuzul al-Qur’an Karya al-Wahidi dalam mengutip hadis, namun terdapat perbedaan yaitu al-Wahidi lebih rinci dalam menjelaskan asbabun nuzul sedangkan al-Suyuthi lebih ringkas dan global. Kedua, dari 10 pola intertekstualitas ditemukan 5 pola yang digunakan al-Suyuthi dalam kitabnya, meliputi: transformasi (penukaran suatu teks pada teks lain sesuai kreativitas pengarang), ekspansi (perluasan pada teks hipogram), haplologi (pengurangan pada teks hipogram), eksistensi (unsur teks hipogram berbeda dengan teks transformasi), dan modifikasi (penukaran bentuk kata). Terakhir, dari pola-pola tersebut ternyata terbukti adanya perluasan dan kreativitas yang dilakukan al-Suyuthi dalam kitabnya sekaligus membantah pernyataan Nollin yang menyatakan bahwa al-Suyuthi terkesan melakukan plagiasi tidaklah benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intertekstualitas, al-Suyuthi, al-Wahidi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 29 Mar 2024 00:25
Last Modified: 29 Mar 2024 00:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20376

Actions (login required)

View Item View Item