Manajemen Bimbingan Konseling Terhadap Perilaku Narapidana Pecandu Narkoba di Pusat Rehabilitasi Sosial Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang

Aulia, Vesti Zeli (2024) Manajemen Bimbingan Konseling Terhadap Perilaku Narapidana Pecandu Narkoba di Pusat Rehabilitasi Sosial Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
VESTI ZELI AULIA_1912020107_BKI_BAB I.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
VESTI ZELI AULIA_1912020107_BKI_BAB III.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
VESTI ZELI AULIA_1912020107_BKI_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konselor adiksi telah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bimbingan terhadap perilaku narapidana pecandu narkoba di pusat rehabilitasi sosial lembaga pemasyarakatan kelas II A Padang. Setelah dilakukannya observasi awal adanya asumsi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh konselor belum optimal. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi bimbingan terhadap perilaku narapidana pecandu narkoba di rehabilitasi sosial Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif, yang menjadi subjek dalam penelitian adalah dua orang konselor adiksi lapas kelas II A Padang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, perencanaan kegiatan bimbingan terhadap perilaku narapidana pecandu narkoba di pusat rehabilitasi sosial Lapas Kelas II A Padang tidak semua dilakukan oleh konselor, ada beberapa perencanaan yang sudah menjadi aturan atau SOP dari Lapas Kelas II A Padang. Kedua, pelaksanaan kegiatan bimbingan yang diberikan untuk perilaku pecandu narkoba di pusat rehabilitasi sosial lapas II A Padang yaitu kegiatan morning meeting, bimbingan kelompok, seminar edukasi, selain melakukan program inti konselor juga memiliki program pendukung seperti FGD/Focus Group Discusion dan FSG/ Family Suport Group kegiatan yang diberikan oleh konselor lapas II A Padang juga bertujuan untuk membantu perubahan perilaku tetapi kegiatan yang diberikan kurang bervariasi sehingga narapidana pecandu narkoba di rehabilitasi sosial merasa bosan, jenuh dan tidak sedikit pula yang merasa terpaksa mengikuti kegiatan agar tidak dihukum karena tidak mengikuti kegiatan rutin dari konselor. Ketiga, evaluasi kegiatan yang konselor lakukan adalah evaluasi hasil dan evaluasi proses, melihat dengan perkembangan yang dialami oleh narapidana dan melakukan pengamatan terhadap narapidana setiap hari selama kegiatan bimbingan dan masa rehabilitasi sosial berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bimbingan, Pecandu Narkoba
Subjects: U Umum (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Mar 2024 07:18
Last Modified: 29 Mar 2024 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

View Item View Item