Dinamika Lembaga Pendidikan Islam di Pasaman Barat (Studi Kasus SMP Islam Terpadu di Kabupaten Pasaman Barat 2008 - 2022)

Masfalinda, MF (2024) Dinamika Lembaga Pendidikan Islam di Pasaman Barat (Studi Kasus SMP Islam Terpadu di Kabupaten Pasaman Barat 2008 - 2022). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Tesis -Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text (BAB I)
Thesis Masfalinda BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB III)
Thesis Masfalinda BAB III.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (BAB V)
Thesis Masfalinda BAB V.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Full Text)
Thesis Masfalinda Full (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Thesis ini berjudul “DINAMIKA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PASAMAN BARAT (Studi Kasus SMP Islam Terpadu di Kabupaten Pasaman Barat 2008 – 2022). Disusun oleh Masfalinda, NIM: 2120060006. Program Studi S2-Sejarah Peradaban Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana sejarah perkembangan lembaga pendidikan Islam Terpadu di Kabupaten Pasaman Barat dan bagaimana pengaruh lembaga pendidikan SMP Islam terpadu terhadap berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan bagaimana sejarah perkembangan lembaga pendidikan Islam Terpadu di Kabupaten Pasaman Barat dan selanjutnya menjelaskan pengaruh lembaga pendidikan SMP Islam terpadu terhadap kehidupan masyarakat Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah heuristik, kritik sumber, sintesis dan historiografi. Hasil penelitian ini menggambarkan dinamika lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Pasaman Barat. Lembaga pendidikan sebelumnya berupa sekolah umum, pesantren dan madrasah bertambah lengkap dengan kehadiran sekolah Islam terpadu. Kehadiran SMP IT Darul Hikmah sejak tahun 2008 dan SMP IT Al-Kahfi pada tahun 2017, telah memberi warna baru terhadap dunia pendidikan Pasaman Barat. Sesuai dengan teori perubahan sosial yang dirujuk dalam penelitian ini, keberadaan sekolah Islam terpadu memberikan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, diantaranya dari aspek religius, pendidikan, politik, ekonomi dan budaya. Perubahan yang terlihat meningkatnya taraf hidup masyarakat Pasaman Barat kearah yang lebih berkualitas baik di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Sedangkan perubahan di bidang pendidikan itu sendiri terlihat pada bertambahnya lembaga-lembaga pendidikan baru dengan meniru pola pembelajaran yang diterapkan di SMP Islam terpadu. Dalam bidang politik perubahan yang terlihat bukan pada politiknya, melainkan perubahan terhadap sekolahnya. Dengan adanya peran politik terjadi peningkatan sarana dan prasarana yang berpengaruh terhadap perkembangan sekolah tersebut. Kata kunci : Dinamika, Lembaga pendidikan Islam terpadu, Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Lembaga pendidikan Islam terpadu, Pasaman Barat
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Sejarah Islam
U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 29 Mar 2024 00:29
Last Modified: 29 Mar 2024 00:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20355

Actions (login required)

View Item View Item