Penerapan Metode Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Qur’an Al-Falah Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Nasution, Abdul Azri (2024) Penerapan Metode Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Qur’an Al-Falah Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover dll)
cover_daftar isi ABDUL AZRI NASUTION.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT SKRIPSI ABDUL AZRI NASUTION 1914070039.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, siswa cenderung kurang serius dalam memfokuskan diri mengikuti materi pembelajaran. Hal ini karena pada pelaksanaannya guru menjadikan buku sebagai sumber tunggal aktivitas belajar mengajar di kelas, disamping itu guru hanya memakai metode ceramah dalam menyampaikan dan menjelaskan materi pembelajaran PPKn dengan mengesampingkan media peraga atau model gambar yang merupakan sarana pengetahuan konkret bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk-bentuk metode pembelajaran dalam pembelajaran PPKn (2) penerapan metode pembelajaran pembelajaran PPKn (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran di kelas V MI-Qur’an Al-Falah. Penelitian ini adalah memberikan gambaran secara terperinci terhadap permasalahan sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi PPKn, peserta didik, waka kurikulum, serta kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Qur’an Al-Falah.Untuk mendapatkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut : reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Mencek keabsahan data dengan teknik triangulasi yaitu yaitu pengecekan data dari berbagai sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) bentuk-bentuk metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PKn di MIS Qur’an Al Falah adalah metode ceramah, dan metode Resitasi (penugasan). (2) penerapan metode pembelajaran pembelajaran PPKn terdiri dari dua tahapan yaitu : pada tahap pendahuluan guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran seperti mempersiapkan perangkat pembelejaran dan media yang mendukung tercapainya pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru menggunakan metode yang dirasa efektif digunakan untuk proses pembelajaran PPKn agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin di capai.(3) faktor pendukung dalam penerapan metode pembelajaran dalam pembelajaran PPKn terdiri atas : motivasi belajar yang tinggi, metode pembelajaran yang tepat dan keterlibatan dalam proses belajar sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode pembelajaran dalam pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtidaiyah Qur’an Al-Falah Kecamatan Ikur Koto, Koto Tangah, Kota Padang terdiri atas persiapan pembelajaran, pemakaian media pembelajaran dan pengelolaan kelas yang belum kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 May 2024 06:51
Last Modified: 15 May 2024 06:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item