Strategi Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Remaja (Studi Pada Ikatan Remaja Masjid di Desa Muaro Sakai Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan)

Nuriah, Iis (2024) Strategi Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Remaja (Studi Pada Ikatan Remaja Masjid di Desa Muaro Sakai Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (673kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap penanaman nilai agama kepada anak yang sudah memasuki usia remaja. Selain itu, adanya pengaruh eksternal yaitu masalah lingkungan tempatnya berinteraksi setiap hari, seperti kurangnya kepedulian dan edukasi dari masyarakat terhadap pertumbuhan anak-anak yang sudah memasuki usia remaja, yang membuat remaja tidak dapat mengontrol dirinya. Sehingga dengan mudah melakukan kenakalan seperti merokok, mencuri, keluyuran di malam hari, berkata kasar, bullying serta melakukan judi dalam bentuk permainan. Tujuan penelitian ini dilakukan ialah untuk mengetahui strategi dakwah sentimental dalam pembinaan akhlak remaja, mengetahui strategi dakwah rasional dalam pembinaan akhlak remaja serta strategi dakwah inderawi dalam pembinaan akhlak remaja studi pada ikatan remaja masjid di Desa Muaro Sakai Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif berupa kata-kata dari lisan serta perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengurus IRM dan remaja yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)Strategi Dakwah Sentimental, di mana dakwah yang dilakukan berfokus kepada aspek hati, dengan menggerakkan perasaan dan batin mad’u, memberi nasehat yang baik dengan kelembutan, serta nasehat yang diberikan dikemas dalam bentuk program keislaman, seperti peringatan maulid nabi, wirid bulanan dan acara musabaqah tilawatil qura’an. (2)Strategi Dakwah Rasional, di mana pada strategi ini mendorong mad’u untuk berfikir, merenungkan, dan mengambil pelajaran atas apa yang telah di sampaikan dalam setiap nasehat yang diberikan, dan juga dari kegiatan dakwah yang dilakukan yang meliputi bertafakur dan tadabur pada saat acara 1 muharam. (3)Strategi Dakwah Indrawi, di mana strategi yang dihimpun oleh strategi ini adalah keteladanan dan praktik keagamaan yang dapat penulis lihat dari serangkaian kegiatan yang di adakan seperti memberi santunan anak yatim, takziah dan penyembelihan hewan qurban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, dakwah, pembinaan, akhlak, remaja
Subjects: Agama Islam > Akhlak
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Mar 2024 06:48
Last Modified: 29 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20292

Actions (login required)

View Item View Item