Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan

Muhdi, Annisa Juita (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padnag.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (849kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (859kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (FULL TEKS)
Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Ranah Ampek Hulu. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peseta didik tidak dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajarann Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran CIRC dengan peserta didik yang diajarkan dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeir 1 Ranah Ampek Hulu Tapan pada tahun ajaran 2023/2024. Sedangkan yang bertindak sebagai sampel adalah kelas VIII1 (Ekperimen) dan VIII2 (control). Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji-t pada uji hipotesis yang diperoleh t_hitung>t_(tabel ) (5,4058>2,001) sehingga H_0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition, Komunikasi Matematis
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:54
Last Modified: 29 Mar 2024 01:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item