Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota

Sabihil, Sabihil (2024) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (993kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Sabihil 2014010084 Skripsi Full Text)
Sabihil 2014010084 Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar peserta didik yang rendah, penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana model pembelajaran SAVI dapat berpengaruh pada minat belajar peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai : 1) Bagaimana minat belajar peserta didik sebelum menggunakan model SAVI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. 2) Bagaimana minat belajar peserta didik sesudah menggunakan model SAVI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap minat belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk 1) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik sebelum menggunakan model SAVI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. 2) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik sesudah menggunakan model SAVI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun sampelnya sebanyak 21 peserta didik dari populasi yang berjumlah 265 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil pre-test terdapat rata-rata skor minat belajar peserta didik adalah 61,95 dengan nilai max 74 dan nilai min 51. Hasil post-test terdapat rata-rat skor minat belajar peserta didik adalah 81,19 dengan nilai max 91 dan nilai min 69. Berdasarkan hasil uji analisis yang dilakukan menggunakan SPSS versi 26 maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,001 <0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII-1 di MTsS Al Makmur Tungkar, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran SAVI, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran SAVI, Minat Belajar
Subjects: Agama Islam > Sejarah Islam
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:56
Last Modified: 29 Mar 2024 01:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20285

Actions (login required)

View Item View Item