Perilaku Konsumen Buah Pala Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Kampung Ampang Tigo Kenagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan)

Ikram, M (2024) Perilaku Konsumen Buah Pala Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Kampung Ampang Tigo Kenagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
M. Ikram. NIM 1813040027. Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab I)
M. Ikram. NIM 1813040027. Bab I.pdf - Published Version

Download (849kB)
[img] Text (Bab III)
M. Ikram. NIM 1813040027. Bab III.pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text (Bab V - Daftar Pustaka)
M.Ikram. NIM 1813040027. Bab V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (914kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
M. Ikram. NIM 1813040027. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku pengumpul terhadap jual beli buah pala dengan dasar kepercayaan, dalam pengambilan buah pala yang dilakukan oleh pengumpul sebagian pemilik buah pala merasa ada penyusutan dari hasil panen sebelumnya. Pertanyaan penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana perilaku konsumen buah pala di Kampung Ampang Tigo Kanagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan? Kedua, Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku konsumen buah pala di Kampung Ampang Tigo Kanagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan? Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan adalah data primer, data yang didapat langsung dari informan penelitian, penjual dan pembeli berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Data sekunder berupa buku, kitab, dan referensi lain yang relavan dengan objek yang diteliti. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang terjadi di lapangan dengan apa adanya kemudian menganalisis dan menjabarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara di lapangan. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, perilaku konsumen dalam jual beli buah pala ada 2 yaitu, (1) perilaku yang bertanggung jawab, yaitu terdapat 3 orang pengumpul yang bertanggung jawab dalam menjalankan kewajibannya dimana hasil panen dari pemilik buah pala sesuai dengan perkiraannya. (2) perilaku tidak bertanggung jawab yaitu 2 orang pengumpul buah pala dengan ketidakhadiran pemilik buah pala dalam pengambilannya pengumpul melakukan dengan cara yang semena-mena dimana dalam pengumpulan buah pala dilakukan dengan tidak teliti, sehingga hasil buah pala tidak sesuai dengan perkiraan dari pemilik buah pala dan menimbulkan kecurigaan dari pemilik buah pala terhadap hasilnya. Kedua, tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku konsumen, 3 orang pengumpul buah pala memenuhi prinsip etika bisnis Islam. Sedangkan 2 orang pengumpul buah pala melanggar prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip tauhid, prinsip keseimbangan, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebenaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buah Pala, Perilaku Konsumen, Etika Bisnis Islam
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Mar 2024 04:01
Last Modified: 31 Mar 2024 04:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20255

Actions (login required)

View Item View Item