Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Tinjauan Pelaksanaan Perda Kota Padang No. 21 Tahun 2012 di Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat

Putra, Ivano Dwi (2024) Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Tinjauan Pelaksanaan Perda Kota Padang No. 21 Tahun 2012 di Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi Penumpukan sampah terjadi adanya pertumbuhan penduduk yang semakin banyak, dan menurunya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah. Masyarakat yang kurang sadar dalam pengelolaan sampah mengakibatkan jumlah timbulan sampah di Kota Padang khususnya di Kecamatan Kuranji Kota Padang terus meningkat. Fenomena yang ada dalam masyarakat menganggap keberadaan sampah dalam kehidupan sehari – hari sebagai hal yang sudah biasa dan menganggap bahwa barang yang telah dipakai tidak memiliki kegunaan lagi dan membuang seenaknya sendiri. Jadi kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan sampah masih minim, sehingga masih banyak masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan, khususnya di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menangani masalah sampah rumah tangga di Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat. Dan pertanyaan penelitian pertama Bagaimana Strategi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumaatera Barat. Kedua Bagaimana tingkatan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di kecamatan kuranji kota padang sumatera barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif (Penelitian Lapangan). Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dari pihak terkait seperti masyarakat Kecamatan Kuranji yang sampelnya diambil di Kelurahan Kalumbuk, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang. Hasil penelitian ini adalah faktor pendukung dalam pengelolaan sampah adalah adanya berupa alat angkut sampah dari dana pokir anggota dewan, dan berdirinya Bank sampah khususnya di Kecamatan Kuranji Kota padang, sedangkan faktor penghambat, kurangnya faktor sarana yaitu tidak adanya TPS terdekat, dan pola pikir masyarakat yang kurang dalam kesadaran hukum dan dalam pengelolaan sampah. strategi dalam peningkatan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat, anjuran menjadi nasabah bank sampah, membuat kebijakan aturan dalam pengelolaan sampah, melakukan sosialisasi dan pembinaan ke masyarakat, menyediakan Tempat Pembuangan Semetara (TPS) terdekat di lingkungan tempat tinggal. Jadi walaupun sudah ada sarana alat angkut sampah, adanya kebijakan dan aturan, sosialisasi dan pembinaan itu masih ada masyarakat membuang sampah secara sembarang walaupun dengan jumlah yang kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Peraturan Daerah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 05:30
Last Modified: 30 Mar 2024 05:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20234

Actions (login required)

View Item View Item