Etos Kerja Petani di Masyarakat Kenagarian Salimpek Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Ditinjau dari Corak Teologi Islam

Sari, Mia Rahmala (2024) Etos Kerja Petani di Masyarakat Kenagarian Salimpek Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Ditinjau dari Corak Teologi Islam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Mia Rahmala Sari.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB I)
Mia rahmala sari. Nim 2015010033. bab I.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (bab III)
Mia rahmala sari. Nim 2015010033. bab III.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB V)
Mia rahmala sari. Nim 2015010033. bab V.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (FULL TEKS)
Mia rahmala sari. Nim 2015010033. FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)

Abstract

penelitian ini adalah di Kenagarian Salimpek Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok dominan orang bekerja sebagai petani, kebanyakan dari petani di sana menanam bawang merah. Karena harga jual bawang merah yang tidak menentu, yang terkadang turun secara drastis dan mengakibatkan terjadi penurunan ekonomi. Maka dari itu kebanyakan petani disana tidak hanya menanam bawang saja, namun mereka juga menanam tomat, cabe, seledri, dan sayur-sayuran guna jika tanaman bawang merah turun, mereka berharap di tanaman lain yang mereka tanam mempunyai harga jual tinggi. Permasalahan ini dibatasi dengan tiga hal yakni, penggunaan akal dalam etos kerja petani di masyarakat Kenagarian Salimpek, bagaimana kebebasan manusia dalam etos kerja petani di masyarakat Nagari Salimpek, dan hukum alam (Sunnatullah) dalam etos kerja petani di masyarakat Nagari Salimpek. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan akal dalam etos kerja perani di masyarakat Nagari Salimpek, mengetahui kebebasan manusia dalam etos kerja petani di masyarakat Nagari Salimpek, dan untuk mengetahui hukum alam (Sunnatullah) dalam etos kerja petani di masyarakat kenagarian Salimpek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, serta teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara berfikir induktif. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa etos kerja petani di masyarakat Kenagarian Salimpek Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok pertama: para petani menggunakan akal untuk bekerja secara efektif dan efisien untuk mengelola pertanian mereka. Kedua: para petani bekerja keras, tidak mudah menyerah dan tidak mudah putus asa dalam mengatur cara bertani sesuai dengan kondisi alam. Ketiga: petani meyakini bahwa Allah itu adil, dan mereka yakin bahwa Allah akan memberikan rezeki kepada orang-orang yang mau berusaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Teologi Islam, Nagari Salimpek
Subjects: Agama Islam > Akidah & Ilmu Kalam > Hubungan antara Allah dengan Makhluk
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 29 Mar 2024 14:17
Last Modified: 29 Mar 2024 14:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20232

Actions (login required)

View Item View Item