Kondisi Psikologis Lansia yang Mengasuh Cucu di Korong Rimbo Panjang Sungai Abang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Fatma, Ilma Yulita (2024) Kondisi Psikologis Lansia yang Mengasuh Cucu di Korong Rimbo Panjang Sungai Abang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI (ILMA YULITA FATMA - 1715040071))
COVER - DAFTAR ISI (ILMA YULITA FATMA - 1715040071).pdf - Published Version

Download (926kB)
[img] Text (BAB I (ILMA YULITA FATMA - 1715040071))
BAB I (ILMA YULITA FATMA - 1715040071).pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB III (ILMA YULITA FATMA - 1715040071))
BAB III (ILMA YULITA FATMA - 1715040071).pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA (ILMA YULITA FATMA - 1715040071))
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA (ILMA YULITA FATMA -1715040071).pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (FULL TEXT (ILMA YULITA FATMA - 1715040071))
FULL TEXT (ILMA YULITA FATMA - 1715040071).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lansia yang mengasuh cucu, yang mana seharusnya lansia tidak dibebani tanggungjawab mengasuh, karena hal tersebut bukanlah pekerjaan yang ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis lansia yang mengasuh cucu, yang mana dapat dilihat berdasarkan aspek�aspek psikologis dan faktor yang mempengaruhi kondisi psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang lansia yang bertempat tinggal di Korong Rimbo Panjang Sungai Abang, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Usia lansia tersebut 60 tahun ke atas dan lansia tersebut sepenuhnya merawat cucu tanpa kehadiran orangtuanya. Lokasi penelitian yaitu di Korong Rimbo Panjang Sungai Abang, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa data reduksi (reduction data), tampilan data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian menunjukan bahwa kondisi psikologis lansia yang mengasuh cucu dilihat dari ketiga aspek psikologis, yang pertama aspek kognitif memiliki fungi kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan lansia yang tidak mengasuh cucu.Kedua aspek afeksi atau emosi dapat mempengaruhikesehatan fisik dan emosi lansia yang mana ketiga subjek merasa senang dan bahagia, namun mereka juga merasa lelah, sedih, cemas, dan bahkan takut. Dan yang terakhir aspek hubungan interpersonal juga sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis lansia yang mengasuh cucu, karena ketiga subjek tidak dapat lagi bekerja seperti biasanya dan menyebabkan mereka terkendala dari segi ekonomi, sehingga mereka sangat membutuhkan dukungan dari oranglain. Faktor yang mempengaruhi kondisi psikologis lansia yang mengasuh cucu dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor kasihsayang yang mana ketiga subjek sanggup mengasuh cucu hingga sekarang dan terciptanya rasa nyaman untuk hidup bersama selama ini. kedua faktor agama ketiga subjek menjalankan tanggungjawab mengasuh dengan penuh keikhlasan, karena mereka tidak pernah merasa terbebani selama mengasuh cucu. Ketiga faktor kesehatan berpengaruh terhadap subjek N dan Z, yang mana N tidak memiliki cukup tenaga mengasuh anak lagi dan subjek Z mengalami stroke semenjak tahun 2020. Dan pada faktor ekonomi ketiga subjek tidak mampu lagi memenuhi semua kebutuhannya sendiri, sehingga dari segi ekonomi mereka bergantung kepada anak-anaknya atau oranglain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Psikologis, Lansia yang Mengasuh Cucu
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 31 Mar 2024 08:11
Last Modified: 31 Mar 2024 08:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20230

Actions (login required)

View Item View Item