Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh

Salim, Emil (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Iman Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (734kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (BAB 1-5)
SKRIPSI EMIL SALIM 1814040074.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran saintifik dikelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh. Untuk mendapatkan sampel menngunakan random sampling, maka yang terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kellas VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen 79,01 dan kelas kontrol 69,17. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan \alpha=0,05 pada taraf kepercayaan 95% Diperoleh t_{hitung}\left(3,43\right)>t_{tabel}(1,67) maka keputusan H_0 ditolak dan H_1 diterima artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran saintifik. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:54
Last Modified: 29 Mar 2024 01:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item View Item