Pengaruh Pengetahuan, Kepatuhan Syariah, Religiusitas, dan Local Wisdom terhadap Penerapan Green Banking Behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat

Febriza, Milla (2024) Pengaruh Pengetahuan, Kepatuhan Syariah, Religiusitas, dan Local Wisdom terhadap Penerapan Green Banking Behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Milla Febriza 2016050099_COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Milla Febriza 2016050099 BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB III)
Milla Febriza 2016050099 BAB III.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (BAB V)
Milla Febriza 2016050099 BAB V-DAPUS.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT MILLA FEBRIZA)
MILLA FEBRIZA_2016050099_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Green banking merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap praktik bisnis yang ramah lingkungan. Green Banking hadir untuk ikut serta dalam mewujudkan Sustainable Development Goals. Perbankan sebagai salah satu sektor industri perekonomian ikut mendukung green economy dengan adanya green banking, sehingga bank dalam operasionalnya tidak hanya menjalankan peranannya sebagai lembaga jasa keuangan tetapi juga ikut memperhatiakn aspek sosial dan ramah lingkungan dan juga sebagai bentuk keikutsertaan bank dalam mewujudkan Sustainable Development Goals. Penerapan green banking tentunya tidak lepas dari peranan karyawan pada bank itu sendiri. Pemahaman karyawan terhadap konsep green banking akan berdampak terhadap terimplementasinya green banking pada bank. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan green banking behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat ditinjau dari aspek pengetahuan, kepatuhan syariah, religiusitas, dan local wisdom. Jenis penelitian ini adalah penelitian kunatitatif. Penelitian ini dilakukan pada Bank Muamalat di Sumatera Barat yaitu kepada karyawan Bank Muamalat KC Utama Padang, Bank Muamalat KCP Payakumbuh, Bank Muamalat KCP Bukittinggi, dan Bank Muamalat KCP Solok dengan jumlah keseluruhan responden adalah sebanyak 49 responden. Pada penelitian ini menggunakan teknis analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat uji SPSS versi 26 dalam pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Green Banking Behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat. (2) Kepatuhan Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Green Banking Behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat. (3) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Green Banking Behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat. (4) Local Wisdom berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Green Banking Behavior pada Bank Muamalat di Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kepatuhan Syariah, Religiusitad, Local Wisdom, Penerapan Green Banking Behavior
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:27
Last Modified: 29 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20163

Actions (login required)

View Item View Item