Pengembangan Modul Elektronik Fisika Menggunakan Etno-STEM Pengolahan Minyak Kelapa Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Riritia, Fradesy (2024) Pengembangan Modul Elektronik Fisika Menggunakan Etno-STEM Pengolahan Minyak Kelapa Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover dll)
COVER - DAFTAR ISI 1814080045 FRADESY RIRITIA.pdf - Published Version

Download (865kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 SKRIPSI 1814080045 FRADESY RIRITIA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 SKRIPSI 1814080045 FRADESY RIRITIA.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA 1814080045 FRADESY RIRITIA.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (full)
SKRIPSI FULL 1814080045 FRADESY RIRITIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya bahan ajar berbasis teknologi (elektronik) serta rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMAN 5 Pariaman, karena sistem pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan pendekatan etno-STEM atau bahan ajar yang dapat menstimulus peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik menjadi bosan dan tidak mampu mengkonkritkan pelajaran fisika. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi proses pembelajaran tersebut dan mengatasi rendahnya keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menghasilkan modul elektronik fisika menggunakan etno-STEM Pengolahan minyak kelapa sehingga dapat membantu peserta didik mengenal kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul elektronik fisika menggunakan etno- STEM pengolahan minyak kelapa pada materi kalor dan termodinamika yang valid, praktis dan efektif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model polmp yang meliputi tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan protipe (development prototype phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas modul elektronik diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, kontruksi dan bahasa menggunakan angket validasi. Uji praktikalitas modul elektronik diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI F.1 SMAN 5 Pariaman untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas. Sedangkan uji efektifitas berupa soal tes diberikan kepad 20 orang peserta didik kelas XI F.1 SMAN 5 Pariaman untuk melihat keefektifan modul elektronik fisika menggunakan etno- STEM pengolahan minyak kelapa terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Modul elektronik menggunakan etno-STEM sangat valid dengan skor rata- rata 87,09% dengan persentase uji kelayakan materi 85%, kelayakan konstruksi 84,28%, dan kelayakan bahasa 92,00%. Untuk uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 89,64% dimana praktikalitas oleh pendidik 92,00% dan peserta didik 87,28%. Tes efektivitas oleh peserta didik materi kalor 86,00%, sedangkan pada materi termodinamika 83,75%. Rata-rata uji efektivitas oleh peserta didik sebesar 84,87% dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul elektronik menggunakan etno-STEM Pengolahan minyak kelapa terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kriteria valid, praktis dan efektif untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Kata Kunci: Modul Elektronik, Etno-STEM, Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Pengolahan minyak kelapa,Keterampilan Berpikir kritis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 May 2024 07:47
Last Modified: 21 May 2024 07:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20158

Actions (login required)

View Item View Item