Pengaruh Media Kipin School Berbantuan Infokus Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 171 Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal

Rahmadani, Nikmah (2024) Pengaruh Media Kipin School Berbantuan Infokus Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 171 Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
COVER-DAFTAR ISI Nikmah Rahmadani.pdf - Published Version

Download (866kB)
[img] Text (BAB I SKRIPSI)
BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (680kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI)
BAB III SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI NIKMAH RAHMADANI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik didalam setiap proses belajar seperti: 1) faktor lingkugan keluarga yang tidak mendukung, 2) suasana kelas yang kurang menyenangkan, 3) rasa malas peserta didik untuk membaca sehingga penyerapan materi kurang maksimal, dan 4) kurangnya varian metode pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kipin school berbantuan infokus terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN 171 Hutanamale. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen quasi (quasi experimental design), dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 171 Hutanamale sebanyak 20 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu teknik pengambilan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket/kuesioner. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata dari pretest-posttest, sebelum menggunakan media kipin school (pretest) sebesar 60,75 dan setelah menggunakan media kipin school (posttest) sebesar 84,6. Sedangkan berdasarkan hasil analisis paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada α sebesar 0,05 (sig α) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Jadi ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan media kipin school berbantuan infokus terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN 171 Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Kata kunci: Media Kipin School, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kipin School, Motivasi Belajar
Subjects: Tajuk Subjek > Filsafat dan Psikologi > Psikologi
Tajuk Subjek > Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 21 May 2024 07:35
Last Modified: 21 May 2024 07:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20130

Actions (login required)

View Item View Item