Model Individualized Educational Program (IEP) Berbantuan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif Kota Padang

Usman, U (2024) Model Individualized Educational Program (IEP) Berbantuan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif Kota Padang. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
7. BAB 1.pdf - Published Version

Download (898kB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB 3.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5-Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan inklusif adalah salah satu aspek yang krusial dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, yang mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter dan moral peserta didik. Pada kenyataannya, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) seringkali dihadapkan pada berbagai persoalan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya kesulitan guru PAI dalam menyelaraskan antara standar layanan sekolah reguler dengan variasi kebutuhan belajar PDBK, ketersediaan guru pembimbing khusus yang tidak seimbang dengan jumlah PDBK, sekolah belum menyediakan program yang tepat bagi PDBK dengan kondisi kecerdasan yang beragam, dan masih kurangnya kontrol dan perhatian pemerintah. Inilah yang melatarbelakangi perlunya pengembangan model Individualized Educational Program (IEP) yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model IEP bebantuan media dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif kota Padang. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan model IEP dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus di kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Four D Thiagarajan, dkk yaitu: define, design, develop, dan dessiminate. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, guru pembimbing khusus, kepala sekolah dasar Plus Lillah kota Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan diskusi kelompok terfokus. Temuan penelitian memaparkan tentang kondisi objektif pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar inklusif kota Padang yang belum memenuhi standar pembelajaran sesuai dengan prinsip pendidikan inklusif. Model dan metode pembelajarannya cenderung masih sama dengan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas reguler. Atas dasar itu, diperlukan desain pendidikan individual melalui model IEP berbantuan media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PDBK. Model IEP ini terdiri dari tiga tahap utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dimana masing-masing tahap, terdiri dari beberapa langkah. Model IEP ini telah dinyatakan valid oleh ahli dengan hasil uji validitas pada aspek isi diperoleh skor 114,33 dengan rata-rata 4,76 atau setara 95,30%. Hasil uji validitas pada aspek kebahasaan diperoleh skor 23,67 dengan rata-rata 4,73 atau setara 94,70%. Hasil uji validitas pada aspek kegrafisan diperoleh skor 24,33 dengan rata-rata 4,87 atau setara 97,30%. Hasil uji praktikalitas skor 92 dengan rata-rata 4,6 atau setara 92%. Secara keseluruhan diperoleh skor rata-rata 4,79 atau setara dengan 95,80% artinya produk model IEP berbantuan media dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada PDBK layak untuk digunakan sebagai bentuk pengembangan program pendidikan di sekolah inklusif dalam rangka meningkatkan nilai dan kualitas pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusif, pendidikan, pendidikan individual, IEP
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 29 Mar 2024 06:46
Last Modified: 29 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20125

Actions (login required)

View Item View Item