Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa Dalam Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsS TI Batang Kabung Padang

Ulyana, Azhimah (2024) Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa Dalam Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsS TI Batang Kabung Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
cover-daftar isi -2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I-3.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III-3.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V-1.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Fulltext)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Untuk mengupayakan pendidikan yang berkualitas, penggunaan waktu belajar secara efektif dan efisien akan mempermudah peserta didik untuk melatih kedisiplinan dalam belajar. Sedangkan Mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah berfungsi mengarahkan dan mengantarkan peserta didik agar dapat memahami pokok- pokok hukum Islam dan tata cara pelaksanaannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehingga menjadi muslim yang selalu taat menjalankan syariat Islam secara kaaffah (sempurna). Terlihat masih kurang memanfaatkan waktu belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar, sehingga peneliti tertarik untuk melihat pemanfaatan waktu belajar peserta didik dalam pelajaran fiqih. Tujuan utama penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemanfaatan waktu belajar siswa di MTsS TI Batang Kabung Padang dan Untuk mengetahui ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik yang mempengaruhi pemanfaatan waktu belajar siswa di MTsS TI Batang Kabung Padang. Bentuk penelitian yaitu deskriptif kulitatif dan di fokuskan hanya pada satu variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa di MTsS TI Batang Kabung Padang kelas VII dari bulan Juli s/d Oktober 2022. Data penelitian ini di kumpulkan selama 3 bulan.Tehnik pengumpulan data yang di gunakan untuk dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan waktu belajar siswa di MTsS TI Batang Kabung Padang. Sedangkan dokumentasi untuk pengumpulan bukti seperti gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan waktu belajar siswa dalam pelajaran fiqih kelas VII di MTsS TI Batang Kabung Padang terhadap ranah kognitif. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan yaitu diberikannya materi tentang sholat. Dengan praktek langsung ini, mampu membuat peserta didik paham serta dapat mempermudah pengetahuan peserta didik khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Terhadap ranah afektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan yaitu diberikannya latihan dengan materi sesuai yang diajarkan oleh pendidik. Dengan hal ini, mampu membuat minat peserta didik meningkat serta membuat peserta didik menjadi mampu untuk melakukan kerja sama dengan teman-teman yang lain. Terhadap ranah psikomotor hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan yaitu diberikannyamedia berupa video pembelajaran disertai dengan praktek langsung dengan materi tentang tata cara pelaksanaan wudhu dan pelaksanaan sholat wajib. Dengan media tersebut, peserta didik mampu menerapkan melalui praktek yang diberikan oleh pendidik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maizi Latifa Tifa
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:34
Last Modified: 28 Mar 2024 01:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item