Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman

Yafi, Alhadi (2024) Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar_Isi[1].pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text (BAB I)
BAB_I_(1)[1].pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III_(3)[1].pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB_V-_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (142kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi_Alhadi_Yafi_Fulltext[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan latar belakang bahwa adanya penurunan kinerja yang didasari dari laporan kinerja bulanan. Setelah melakukan observasi, ditemukan turunnya budaya organisasi yang ditandai dengan kurangnya inovasi pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan serta dari segi motivasi turunnya motivasi pegawai dalam melakukan pekerjaan karena ketidaksesuaian antara gaji dengan beban yang diberikan atasan. Maka atas dasar inilah penelitian ini perlu diteliti lebih dalam untuk menemukan pengaruh antara budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai.Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menemukan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman. 2) Untuk menemukan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman. 3) Untuk menemukan pengaruh budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 responden dengan menggunakan perhitungan rumus slovin untuk menentukan jumlah minimal responden yang harus digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Aplikasi untuk mengolah data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 22 dan Microsoft Excel .Hasil uji asumsi klasik dengan menggunakan metode uji normalitas nilai signifikansi 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual ketiga variabel berdistribusi normal. Kemudian hasil regresi linear berganda menunjukkan Y = 0,082 + 0,586 (X1) + 0,331 (X2) + ε. Hasil koefisien determinasi sebesar 59%. Sisanya adalah 41 % dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan nilai 22,624 lebih besar dari F tabel yaitu 3,34 dengan taraf siginifikansi 0,000 < 0,05 maka Variabel X1 dan X2 secara simultan berpengarh positif terhadap variabel Y. Dari hasil uji t untuk pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil diperoleh nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 < 0,05, atau thitung = 6,490 > ttabel = 2,0452, artinya budaya organisasi secara parsial memiliki pengaruh yang signfikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil. Sedangkan dari hasil uji t untuk variabel motivasi kerja diperoleh nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,029 < 0,05, atau thitung = 2,310 > ttabel = 2,0452, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dijelaskan bahwa motivasi kerja secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kinerja, Kementerian Agama
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Mar 2024 04:25
Last Modified: 29 Mar 2024 04:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20086

Actions (login required)

View Item View Item