Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi di SDIT Adzkia 2 Padang

Hayati, Hazimah Dzikra (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi di SDIT Adzkia 2 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover dll)
Hazimah Dzikra Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Full Text)
Hazimah Dzikra Hayati_2014030042-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendapatkan gambaran mengenai strategi yang dilakukan oleh pimpinan sebagai usaha untuk meningkatkan nilai akreditasi di SDIT Adzika 2 Padang. Fokus penelitian ini adalah perencanaan strategi apa yang digunakan oleh kepala sekolah, bagaimana implementasi dari strategi kepala sekolah untuk meningkatkan akreditasi, serta bagaimana evaluasi strategi yang di lakukan kepala sekolah untuk meningkatkan akreditasi dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi melalui standarisasi nasional pendidikan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan teori. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, kepala perpustakaan, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi di SDIT Adzkia 2 Padang terdiri atas: 1) Perencanaan strategi yang dimana kepala sekolah membentuk tim akreditasi, memenuhi poin instrumen, menyiapkan tempat dan file, merencanakan pengupgradean sumber daya, dan mempertimbangkan aspek dalam menetapkan sasaran. 2) Implementasi strategi, dimana kepala sekolah melibatkan semua staf dalam pelaksanaannya, melibatkan guru dalam menyusun serta melengkapi borang-borang, dan melakukan pembiasaan rutin kepada siswa. 3) Evaluasi strategi melalui rapat rutin yang biasa dilakukan seminggu sekali. Dalam upaya meningkatkan standarisasi nasional pendidikan kepala sekolah dengan mengikuti instrumen-instrumen akreditasi dalam memenuhi standar pendidikan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, meningkatkan, akreditasi
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 May 2024 08:13
Last Modified: 21 May 2024 08:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20077

Actions (login required)

View Item View Item