Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Efisiensi Modal Kerja dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sektor Basic Industry and Chemicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 - 2022.

Iriani, Nurhareza Fajri (2024) Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Efisiensi Modal Kerja dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sektor Basic Industry and Chemicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 - 2022. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Full Text Skripsi)
Skripsi_Nurhareza Fajri Iriani (2016040059).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover sampai Daftar Isi_Nurhareza Fajri Iriani (2016040059).pdf - Published Version

Download (808kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Nurhareza Fajri Iriani (2016040059).pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_Nurhareza Fajri Iriani (2016040059).pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V sampai Daftar Pustaka_Nurhareza Fajri Iriani (2016040059).pdf - Published Version

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap efisiensi modal kerja dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur sektor basic industry and chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 29 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, sobel test, dan uji hipotesis menggunakan eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel likuiditas dan profitabilitas secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap efisiensi modal kerja. Sedangkan, variabel solvabilitas secara langsung memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap efisiensi modal kerja. Kemudian, likuiditas secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas, namun solvabilitas secara langsung memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan pengaruh likuiditas terhadap efisiensi modal kerja dengan profitabilitas sebagai variabel intervening memiliki hubungan yang signifikan, namun pengaruh solvabilitas terhadap efisiensi modal kerja dengan profitabilitas sebagai variabel intervening memiliki hubungan yang tidak signifikan pada perusahaan manufaktur sektor basic industry and chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Nilai koefisien determinasi untuk efisiensi modal kerja dapat dijelaskan oleh variabel likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas sebesar 46%, dan sisanya 54% ditentukan oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sedangkan profitabilitas dapat dijelaskan oleh variabel likuiditas dan solvabilitas sebesar 65% dan sisanya 35% ditentukan oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Likuiditas, Solvabilitas, Efisiensi Modal Kerja, Profitabilitas dan Variabel Intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Solvabilitas, Efisiensi Modal Kerja, Profitabilitas dan Variabel Intervening
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 30 Mar 2024 03:26
Last Modified: 30 Mar 2024 03:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item