Peran Ibu-ibu Rumah Tangga Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok dalam Peningkatan Perekonomian Keluarga Melalui Jasa Potong Bawang

Ilvan, Muhammad Okta (2024) Peran Ibu-ibu Rumah Tangga Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok dalam Peningkatan Perekonomian Keluarga Melalui Jasa Potong Bawang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Muhammad Okta Ilvan. NIM 1912040004. Cover.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text (BAB 1)
Muhammad Okta Ilvan. NIM 1912040004. BAB 1.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (BAB 3)
Muhammad Okta Ilvan. NIM 1912040004. BAB 3.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB 5)
Muhammad Okta Ilvan. NIM 1912040004. BAB 5.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Fulltext)
Muhammad Okta Ilvan. NIM 1912040004. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keadaan perekonomian masyarakat yang rendah, membuat ibu-ibu rumah tangga masyarakat Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok ikut membantu mencari nafkah dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan untuk memenuhi kebutuan keluarga mereka melalui jasa potong bawang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran ibu rumah tangga Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama peran aktif ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang. Kedua peran partisipatif ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang. Ketiga peran pasif ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang. Metode penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Informan dalam penelitian adalah ibu-ibu rumah tangga yang terlibat dalam jasa potong bawang, informan diambil dengan menggunakan metode snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul penulis kemudian menganalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data Hasil temuan penelitian dilapangan diperoleh: pertama peran aktif ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang adalah mencari dan mendatangi tempat yang membutuhkan jasa mereka, membersihkan bawang dari akar, daun, dan kulit mati atau busuk, menjemput gaji atau upah ketempat mereka bekerja setiap senin sekali seminggu. Kedua peran partisipatif ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang adalah upah yang mereka peroleh digunakan untuk kepentingan pendidikan anak, keperluan keluarga, dan keinginan mereka, ikut menyumbang pikiran dan bekerja sama dengan suami demi keluarga, dan pengelolaan dan pengalokasian keuangan keluarga secara tepat dan mengedepankan untuk jangka panjang. Ketiga peran pasif ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui jasa potong bawang adalah selalu menyiapkan dan membawa peralatan serta kesiapan secara lahir batin menjalankan peran ganda. Dari ketiga peran di atas maka yang paling dominan dapat meningkatkan ekonomi keluarga adalah peran partisipatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran, ibu rumah tangga, ekonomi keluarga
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Mar 2024 03:17
Last Modified: 29 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item