Salwa, Putri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Putri Salwa. NIM 1914070115 Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Putri Salwa. NIM 1914070115 BAB I.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (BAB III)
Putri Salwa. NIM 1914070115 BAB III.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Putri Salwa. NIM 1914070115 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Full Text)
Putri Salwa. NIM 1914070115 Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar PPKn peserta didik yang masih rendah. Hal tersebut terlihat ketika observasi dan wawancara peneliti di MIN 2 Kota Padang dapat diketahui bahwa nilai ujian semester satu peserta didik mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal, kemudian yang menjadi permasalahan terlihat dari sisi pendidik yang kurang terampil menggunakan model pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Value Clarification Technique dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Value Clarification Technique terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimen (Quasy Experimen) dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas yang dipilih sebagai kelas kelas eksperimen adalah IV A dan kelas kontrol adalah IV B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Veri 20 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 53,21 menjadi 75,00. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 60,71 menjadi 63,57. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 20 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = <,0,000 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 dan Thitung > Ttabel. Maka, Ha diterim dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Value Clarification Technique terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 23:50 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 23:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20024 |
Actions (login required)
View Item |